Translate

Senin, 08 Juli 2013

Ramadhan

Alhamdulillah..insyaallah bertemu lagi dengan ramadhan. Bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh muslim di dunia, termasuk saya tentunya. Tapi kali ini saya ga akan bercerita apa-apa yang bikin saya senang dengan adanya Ramadhan ini. Udah pasti semua sama kan..hehe. Saya mau cerita sesuatu yang selalu meresahkan saya sepanjang Ramadhan...apa itu yaaa...

Gini nih, Alhamdulillah..saya dan suami selalu berusaha sholat tarawih di mesjid, sekaligus mengajarkan anak-anak juga. Selain menambah jumlah pahala, setidaknya bisa mendengar ceramah, menambah kenalan jugaa...(oooo...ternyata :D). Tapi di mesjid inilah yang membuat saya selalu galau. Ape pasal cik?? :D Penyebabnya adalah.....sebenarnya hal yang klise..itu tuhhh...sholat berjama'ah di mesjid selalu saja dari tahun ke tahun ga pernah yang namanya shaf (jarak antar jamaah ketika sholat) sempurna. Saya cuma mau cerita di shaf ibu-ibu nih. Selalu saja ada ruang antar jama'ah. Saya pikir-pikir, penyebabnya adalah masing-masing individu lebih senang sholat di sajadah masing-masing. Selalu enggan merapatkan badan ke sebelahnya. Belum lagi yang menggunakan sajadah yang berukuran besar, padahal badannya kecil...duuuhhh...sedih kan. Seringkali saya meminta ibu-ibu di sebelah saya untuk bergeser, ada sih yang mau, tapi ada juga yang ga bergeming....tambah sedih saya. Yang saya bayangkan...gimana nih jadinya sholat berjama'ah tapi banyak bolong-bolongnya. Kesedihan saya makin memuncak ketika banyaknya anak-anak (ABG lhoo..) yang kemudian tidak melanjutkan sholatnya tapi masih berada dalam shaf. Saya sendiri selalu mencari tempat paling pinggir, supaya anak saya tidak mengganggu shaf.

Sebenarnya siapa sih yang paling bertanggungjawab dengan hal ini? Di mesjid saya, saya belum pernah dengar ustadz berceramah mengenai keutamaan menjaga kerapatan shaf. Mungkin dianggap semua orang udah tau atau menganggap masih banyak hal lain yang lebih penting. Pernah sih saya usul ke suami..mbok ya ngomong ke pengurus mesjid supaya ada ceramah mengenai shaf.

Tapi sekali lagi, bukan hanya tanggungjawab ulama kok..kita sendiri juga harus mengupdate diri dengan pengetahuan. Ga ada gunanya kan beribadah tanpa ada ilmu. Meski itu hal yang sepele. Bayangkan...sholat aja belum tentu bisa khusuk..belum tentu bacaannya baik....bener ga sih?

Hmm....gitu deh cerita mengenai kegalauan saya. Kalo mau tau mengenai keutamaan merapatkan shaf bisa cari-cari di blog yang lebih kompeten ya..hehe. Mari berjanji Ramadhan ini kita rapatkan shaf kita dan mengajak jama'ah lainnya juga. Bener ya....karena insyaallah itu akan menjadi lebih baik bagi kita, pasti ada hikmah dari setiap perintah Allah dan Rasul-Nya.

Wassalam
Ayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar