Translate

Rabu, 12 Juni 2013

Apa yang Anda lakukan bila anak berkelahi dengan temannya??

Hadeuuuhh...panjang banget ya judulnya :D Tapi saya emang bener-bener pengen tau, kalo temen-temen sekalian melakukan apa jika anak kita berkelahi dengan temannya.

Sebenarnya masalah ini duluuu sekali, ketika anak saya Aqsha masing berumur sekitar 4-5 tahun (sekarang 7 tahun 7 bulan) sudah mulai pintar berkawan. Sayangnya seringkali dia pulang sambil nangis-nangis dan mengadu kalau telah disakiti temannya....so what should i do?? Langsung nyerang temannya gitu :D

Biasanya saya akan tanya dulu sebab kenapa dia dipukul. Kalo ternyata dia dipukul karena kenakalan temannya dan dia sama sekali ga memulai pertengkaran, saya akan hibur dia dan menyarankannya untuk memaafkan. Kalo memang dia ga suka dinakalin, ya sudah...ga usah sering-sering berteman dulu dengan temannya tersebut. Lain lagi kalo ternyata memang anak saya yang bersalah alias memulai pertengkaran...saya ajak dia meminta maaf ke temannya itu.

Pernah suatu kali, salah seorang temannya menghampiri saya dan suami yang kebetulan sedang di teras rumah. Temannya itu ngadu "Mama Aqsha..tadi aqsha pukul aku??".
Lalu saya tanya dia pelan-pelan "Kenapa kok Aqsha pukul kamu?"
"Iya, tadi aku pukul dia.." akunya jujur..
"Ooo...trus kenapa kamu pukul aqsha?" tanyaku lagi
"Aku iseng aja.." jawabnya
"Kalo gitu jangan iseng ya...mungkin Aqsha lagi ga mau diisengin. Jadi pas kamu mukul dibales deh ama dia.."
Bingung deh dia...kok malah jadi dinasehati :D Trus berlari balik lagi ke rumahnya. Dari jauh saya lihat, ibunya si anak itu sedang menunggu di pintu pager.

Nah gitu deh...meskipun ternyata beberapa orangtua (di lingkungan saya saat itu) masih tetap menganggap anaknya ga bersalah, ga pernah mau mencari akar permasalahan...akibatnya si anak ga pernah tau apakah sikapnya itu benar atau salah..

Salam..
Ayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar