Translate

Minggu, 16 Juni 2013

Stt...hati-hati...sama anak-anak..

Ada apa dengan anak-anak? Kok harus hati-hati? :D Saya ada cerita, kenapa sih kita harus berhati-hati jika berucap kepada anak-anak..

Cerita I:
Di suatu hari sabtu siang, kira-kira 3 minggu yang lalu, rumah saya kedatangan tamu. Tamu itu adalah teman dekat asisten rumah tangga saya yang insyaallah akan jadi suaminya dalam waktu dekat. Tsabita yang memang sudah kenal, dengan cerianya langsung nyamperin "Oom ndut" ke ruang tamu.
"Oom...kata Mba, Oom Ndut udah mati, eh rupanya masih idup.." ujarnya tanpa beban sama sekali :D
"Ooo...gitu ya dek" kata "Oom Ndut"
"Iya, waktu itu adek tanya..Oom Ndut mana Mba? Mba bilang Oom Ndut udah mati..gitu katanya"
Nenah (nama asisten rumah tangga saya itu) yang kebetulan sedang di dapur bersama saya langsung menepuk-nepuk kepalanya sendiri..."Duuh...si adek pake ngomong-ngomong gitu"..
Saya yang sudah tau cerita cuma terkekeh..makanya walaupun lagi kesel jangan sampai ngomong yang enggak-enggak ke anak-anak. Apalagi ke anak-anak yang ceriwis dan doyan ngobrol kayak Tsabita..:D

Cerita II:
Yang ini cerita dari adik saya, Onik. Adik saya itu seorang guru di sebuah taman kanak-kanak. Sudah bawaan dari kecil, dia emang suka gemes sama anak-anak. Kebetulan yang lagi bikin dia gemes adalah muridnya yang bernama Hisyam. Alasannya wajah muridnya itu mirip dengan suami adikku itu. Saking gemesnya dia selalu ngomong ke muridnya itu "Hisyam ini anak bunda Onik lhoo...mukanya aja mirip sama Oom Iman." Entah berapa kali dia ngomong begitu ke muridnya itu..
Hingga suatu hari, ibunya Hisyam datang menemui adikku saat mengantar anaknya ke sekolah. Adikku sih biasa aja, karena emang orang tua muridnya sering banget menemuinya sekedar untuk berbasa-basi.
"Bunda Onik...tadi malam saya bingung.."
"Kenapa Mama Hisyam.."
"Iya..malam-malam Hisyam bangun dan pindah ke kamar kami, trus ngomong gini, 'Mama..hisyam ini anak siapa sebenarnya?'...gitu katanya Bunda"
"Waaah..." adikku mulai ngeh
"Terus saya bilang, hisyam anak mama dan papa, emang kenapa hisyam nanya begitu. Lalu dia bilang gini, 'Kata Bunda Onik, Hisyam anak Bunda Onik'..Mama Hisyam tertawa kecil..."Wah..saya langsung mengerti...pasti nih Bunda Onik lagi gemes-gemes ke Hisyam, trus ngomong begitu"
Adikku yang merasa ga enak cuma bisa ngomong "Duuhh mama Hisyam...maaf ya..lain kali ga ngomong gitu lagi deh ke Hisyam. Trus mama bilang apa ke Hisyam"
"Akhirnya saya cuma menenangkannya aja, saya bilang emang bener yang dibilang Bunda Onik, kalo di sekolah Hisyam anak Bunda Onik, kalo di rumah anak Mama dan Papa. setelah itu baru dia ga bingung lagi dan balik lagi ke kamarnya..hehe"
Setelah peristiwa itu, adik saya kapok, akan berhati-hati kalo ngomong...meskipun lagi gemes-gemesnya..:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar